May 19, 2022

Keluarga besar SMP Santa Maria Medan merasa bersyukur dan berterimakasih atas berkat melimpah yang dirasakan selama ini teristimewa di masa pandemi ini sehingga dengan rahmat kesehatan yang diperoleh maka Kepala Sekolah dan para Guru dapat menyusun kurikulum unggul SMP Santa Maria Medan ini meskipun banyak kendala yang dihadapi.

Pemerintah dalam hal ini Menteri Nadiem Makarim sudah mencanangkan beberapa tahap konsep kebijakan merdeka belajar. Pada tahap keempat ini dicanangkannya kebijakan merdeka belajar yakni Program Organisasi Penggerak. Dalam hal ini diharapkan dengan semangat gotong royong antara Pemerintah dengan Ormas, Dinas Pendidikan, Yayasan Pendidikan dapat menggali potensi dan kompetesi setinggi-tingginya bergerak bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan tersebut adalah dengan cara menggali nilai-nilai inti dari setiap sekolah serta menggali potensi kearifan lokal dari setiap daerah.

SMP Santa Maria Medan mencoba menggali kearifan lokal budaya dari daerah yakni Dalihan Na Tolu. Kepala Sekolah, Wakasek dan para guru berusaha untuk menyusun kurikulum unggul SMP Santa Maria Medan ini dengan baik. Pendidikan karakter SFD dan budaya batak toba merupakan seatu keniscayaan untuk dikembangkan di sekolah. Sekolah sebagai pusat perubahan perlu mengupayakan secara sungguh sungguh pendidikan yang berbasis karakter dan budaya bangsa. Karakter dan budaya bangsa yang dikembangkan di sekolah harus diselaraskan dengan karakter dan budaya lokal, regional, dan nasional. Maka untuk mendesain kurikulum selanjutnya berpedoman pada Relevansi core value sekolah pelajar panca sila, dan nilai budaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related News